Tips Cara Memilih Warna Dan Motif Lantai Karpet Rumah

Advertisement

Baca juga:

Tips Cara Memilih Warna Dan Motif Lantai Karpet Rumah
Banyak pilihan yang bisa digunakan untuk melapisi lantai rumah Anda. Keramik, marmer, kayu, dan karpet merupakan bahan-bahan yang biasa dipakai sebagai lantai rumah. Setiap penggunaan bahan ini mempunyai keistimewaan masing-masing.

Setiap bahan lantai ini mempunyai pola, warna, dan tekstur yang beraneka ragam. Tetapi tidak berarti Anda bebas memilih dan menggunakannya pada lantai rumah tanpa mempertimbangkan komponen lainnya dalam rumah. Anda perlu menyelaraskan bahan lantai di rumah, misalnya saja dengan furniture, warna dinding dan langit-langit rumah. Karena, komponen-komponen tersebut akan sangat berpengaruh pada atmosfer yang ingin dicapai.

Pada tulisan ini akan dibahas, jenis bahan untuk lantai yang menggunakan karpet. Di Indonesia ini, lantai karpet (wall to wall carpet) memang belum biasa dipakai di perumahan biasa. Lantai karpet ini lebih banyak ditemui di gedung perkantoran dan hotel-hotel berbintang. Hal itu, disebabkan karena lantai karpet lebih sesuai dipakai dalam ruang ber-AC.

Lantai karpet yang dipasang pada ruang tanpa AC akan lebih mudah kotor, karena lantai karpet gampang menyerap debu. Bukan itu saja. Lantai karpet memang lebih sesuai untuk ruang ber-AC. Ruang yang sejuk, pas saja diberi lantai karpet. Bayangkan bagaimana rasanya berada di ruang yang panas udaranya, dan berlantai karpet pula.
Tips Cara Memilih Warna Dan Motif Lantai Karpet Rumah
Motif dan warna karpet sangat beragam dan mudah diselaraskan dengan dinding, tirai jendela, dan sofa. Karpet polos memberi kesan teratur dan lega pada rumah sempit. Sedangkan karpet bermotif yang ramai akan memberikan kesan mewah. Akan tetapi karpet bermotif ramai, seperti kotak-kotak atau motif bunga akan lebih menyulitkan Anda dalam pemilihan furnituredan wallpaper.

Bagaimana memilih lantai karpet untuk ruang di rumah Anda? Menurut Lucinda Richards dalam bukunya, Pemilihan dan Penggunaan Lantai, sebaiknya Anda membeli karpet berkualitas dengan motif yang gaya, sesuai dengan rumah Anda. Misalnya, Anda menginginkan kesan ruang yang lebih hangat, Anda dapat menggunakan karpet dalam warna gelap dan bermotif.

Jika Anda kurang pandai menjaga kebersihan, karpet berwarna gelap dan bermotif lebih praktis karena mampu menyembunyikan kotoran yang menempel. Meskipun, lantai karpet polos dan bermotif sederhana akan memberi kesan bersih. Risikonya, Anda harus jadi seorang `pembersih`.

Sebelum membeli karpet, mintalah contoh karpet yang ada di toko, agar Anda bisa menyesuaikannya dengan suasana di rumah Anda. Perhatikan motif dan warnanya di bawah sinar matahari dan lampu halogen (bukan lampu TL). Agar warna sebenarnya terlihat jelas, dan tidak bias karena cahaya lampu.

Kemudian periksa dan teliti harga jual yang ditawarkan penjual, apakah harga yang ada sudah termasuk biaya pemasangan. Jangan sampai Anda ternyata harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pemasangan karpet. Maksudnya, tentu saja agar Anda tidak melewati anggaran yang sudah disediakan.

Kualitas karpet tidak mempunyai standar yang pasti. Setiap produsen karpet, masing-masing memiliki cara memberi ciri-ciri sendiri. Di antaranya, dengan menggunakan label nomor yang sederhana. Misalnya saja, nomor satu untuk kualitas tinggi dan digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Nomor dua, digunakan untuk ruang keluarga, lorong, dan tangga, sedangkan nomor tiga untuk ruang makan.

Selain karpet dalam bentuk lembaran dan dibeli secara meteran, ada pula karpet yang dijual secara potongan yaitu carpet tile. Carpet tile adalah karpet dalam bentuk ubin yang mudah dipasang sendiri, karena ukuran, pola, dan warnanya bermacam-macam.

Anda bisa menciptakan pola sendiri dengan menggabungkan motif karpet kotak-kotak, polos atau dengan pambatas. Penggunaan carpet tile sangat praktis untuk kamar anak atau ruang makan. Sehingga, jika ada yang kotor atau rusak, bagian karpet yang kena noda itu, bisa segera diganti dengan yang baru, tanpa harus membongkar semuanya.

Karpet berbentuk ubin ini dilapisi karet pada bagian belakang, sehingga Anda hanya perlu menempel dan membentuknya sesuai pola yang diinginkan. Di Indonesia, jenis karpet ini lebih sering ditemui pada interior perkantoran.
Tips Cara Memilih Warna Dan Motif Lantai Karpet Rumah

Cara Mudah Merawat Karpet Yang Benar

Bagaimana cara merawat karpet sehingga tahan lama dan awet? Tumpahan cairan yang mengenai karpet harus segera dibersihkan dengan kertas dapur, tisu atau kertas penyerap lainnya. Noda yang ditimbulkan alkohol, teh, dan kopi, perlu segera dibersihkan agar mudah menghilangkan nodanya. Jika pelu, gunakan cairan pembersih atau sampo karet. Caranya, bersihkan noda dari bagian luar hingga ke dalam. Setelah kering, gunakan pengisap debu.

Noda yang berasal dari cokelat, permen, darah, lem, telur, es krim, susu, dan muntahan balita, harus dibersihkan dengan pisau tumpul. Kemudian cucilah dengan cairan deterjen, dimulai dari bagian luar sampai ke dalam.
Anda hanya perlu mencuci karpet setahun sekali, asalkan karpet dibersihkan secara teratur dengan pengisap debu. Karpet dicuci dengan sampo dalam bentuk dry foam yang bisa diperoleh di supermarket. Tetapi setiap kali dicuci, perlu terlebih dahulu dibersihkan dengan pengisap debu. Yang juga harus diperhatikan ketika mencuci, lapisan belakang karpet jangan sampai terlalu basah agar mudah kering. Karpet yang basah akan mudah lapuk.

Demikinalah Postingan Artikel Tips Cara Memilih Warna Dan Motif Lantai Karpet Rumah Baca Juga Lampu Unik Karya Seniman Louis Comfort Tiffany Dan Karya Futuristik Zaha Hadid
Seni mania Definisi Arti Kata karpet Menurut Pakar Ahli Adalah senimania.com warna karpet lantai plastik Pola ini memiliki nama dari kota Herat di barat laut Afghanistan. Ini adalah pola umum yang ditemukan terutama pada karpet buatan tangan dari Iran. Ini terdiri dari bunga di dalam sebuah belah ketupat yang dikelilingi oleh empat daun acanthus. Daun ini kadang-kadang disebut ikan, karena kesamaannya, dan pola ini sering digunakan pada karpet dengan motif yang seluruhnya / berulang tips memilih warna karpet

Wallpaper Karpet Dinding 3D Keren Motif Bunga 2019 karpet untuk ruang tamu kecil Boteh-pattern Pola ini merupakan tambahan bagi herati, pola karpet oriental yang paling umum. Hal ini ditandai dengan motif berulang seperti buah pir yang mengarah ke atas. Pola ini dianggap oleh beberapa orang sebagai nyala api, interpretasi lain juga ada seperti daun, semak atau pinus. Ini juga menyerupai jejak dari tangan. Nama lain yang digunakan untuk Boteh adalah Mir-e buteh macam macam karpet lantai dan harganya

Gambar karpet ruang tamu lesehan ruang tv Pola sentral pada karpet oriental yang terdiri dari arabesque-, palmettes dan lotus-motif dalam bentuk elegan yang menuntut kepadatan simpul yang tinggi. Pola ini dikembangkan selama Shah Abbas I kabupaten dan umum di Keshan, Isfahan, Mashad dan Nain karpet dan juga di karpet yang meniru gaya Persia seperti India, Cina dan Pakistan. sempit Terpopuler Dan Unik Graffiti